Pengertian Mac Address

Apakah anda pernah mendengar kata “Mac Address”? Apakah anda sudah tahu pengertian Mac Address? Dalam artikel ini kita akan membahas sedikit tentang pengertian Mac Address yang berhubungan dengan aktivitas kita tentang komputer maupun internet.

Pengertian Mac Address dapat didefinisikan sebagai alamat fisik sebuah jaringan (misalnya ethernet card di komputer, port atau node dalam suatu jaringan) yang menunjukkan identitas perangkat tersebut. Mac Address sendiri ditanamkan dalam ROM oleh penyedia Network Interface Card (NIC) dalam setiap perangkat jaringan.

Mac Address memiliki panjang 48 bit (6 byte) yang terdiri atas 6 kelompok digit, yang setiap kelompok digit tersebut berisikan dua digit bilangan heksadesimal. Pada komputer, Mac Address biasa disebut sebagai physical address, hardware address, atau ethernet address.

Pengertian Mac Address

Fungsi Mac Address

Fungsi Mac Address sendiri adalah untuk memungkinkan perangkat-perangkat dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya. Dalam sebuah jaringan, Mac Addres haruslah benar-benar unik (tidak boleh sama), hal ini dimaksudkan agar perangkat-perangkat tersebut tidak mengalami konflik dalam berkomunikasi.

Setiap perangkat komputer yang kita miliki akan menunjukkan Mac Address nya sendiri. Komputer jinjing (laptop, netbook), komputer meja (Desktop PC), ponsel, atau smartphone akan menunjukkan Mac Adress yang berbeda-beda pula. Hal ini  sangat jelas tujuannya, yakni agar perangkat tersebut tidak mengalami konflik saat berkomunikasi dalam jaringan.

Dalam setiap header sebuah frame ethernet akan menunjukkan informasi Mac Address antara sebuah komputer yang ingin berkomunikasi dengan komputer lain (biasanya pada jaringan berteknologi ethernet). Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan akan membaca informasi Mac Address sebuah komputer untuk kemudian diteruskan ke komputer tujuannya.

Perbedaan Mac Address dengan IP Address

Lantas apakah pengertian Mac Address sama dengan pengertian IP? Jawabannya adalah tidak sama. Dalam dunia komputer, Mac Address berada dalam layer 2, sedangkan IP berada dalam layer 3. IP address bisa diganti-ganti sesuai keinginan, sedangkan Mac Address cenderung tetap, karena sudah diintergrasikan ke dalam ROM.

Jika kita sering berganti-ganti jaringan WiFi menggunakan sebuah laptop, Mac Address laptop kita tetap sama sedangkan IP address kita bisa saja berubah. Jika sebuah jaringan WiFi yang melakukan pemblokiran IP address, hal itu masih bisa diatasi dengan cara mengganti IP address, tapi jika jaringan WiFi tersebut melakukan pembatasan Mac Address, itu berarti bahwa jaringan tersebut hanya bisa diakses menggunakan perangkat yang memiliki Mac Address yang telah disetting sebelumnya.

Semoga artikel singkat ini dapat membantu pemahaman anda tentang Pengertian Mac Address. Jika ada pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan komentar anda.

Berikan komentar Anda