Sejarah Singkat Internet

Kali ini kita akan membahas sejarah singkat internet. Ada baiknya kita mempelajari sejarah internet agar kita tidak gagap ketika orang bertanya tentang sejarah internet kepada kita.

Internet sendiri merupakan kependekan dari interconnection networking. Internet merupakan sistem global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer menggunakan Internet Protocol Suite (TCP/IP). Dalam buku pelajaran sekolah juga dibahas tentang sistem jaringan lainnya seperti intranet, LAN, MAN, dan WAN.

Dalam sejarah perkembangannya, pada tahun 1969, internet dikerjakan dalam proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dalam proyek tersebut didemonstrasikan cara melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon menggunakan  hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Dalam perkembangannya, ARPANET (sebutan untuk proyek ARPA) dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer. ARPANET baru digunakan untuk keperluan pendidikan seperti di universitas-universitas.

Pada akhirnya, dua jaringan tersebut (MILNET dan ARPANET) bergabung menjadi  DARPA Internet, yang kemudian lebih dikenal dengan nama populer  menjadi “Internet”.

Di era 90 an, tepatnya tahun 1992, komputer yang saling terhubung dalam jaringan sudah melampaui sejuta komputer. Pada tahun tersebut muncullah  istilah surfing (berselancar) di internet.

Di tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 nama domain, dan  di tahun itulah pertama kalinya diluncurkan virtual shopping atau e-retail di internet.

Sejarah singkat internet tersebut berlanjut dengan perkembangan internet yang makin pesat bukan hanya tiap tahun, tapi bisa terjadi tiap bulan bahkan tiap minggu.

Berikan komentar Anda